PT MULTIMEDIA BOOSTER STUDIO

Tentang Kami

Donwload

Ikuti Kami di

Daftar

Login

Logo

Packaging

T-Shirt

Flayer

Kerakter

Banner

Browsur

Video

Website

Previous
Next

5 Tips Mengembangkan Bisnis Melalui TikTok

Bagi kamu yang berencana merintis bisnis atau kamu yang saat ini sedang merintis bisnis terlepas dari bidang apapun itu, apakah kamu sudah merencanakan arah dan strategi pengembangan bisnismu? Kamu pasti menyadari bahwa sosial media-terutama TikTok merupakan media yang baik dan potensial untuk pengembangan bisnis kamu.

Maka pada artikel ini akan dibahas tentang TikTok dan penggunaan TikTok untuk pengembangan bisnis.

 

Mengapa TikTok ?

 

TikTok menyebut dirinya sebagai tempat untuk video pendek. Video di TikTok dapat berdurasi mulai dari 15 detik hingga sepuluh menit. Kamu dapat dengan mudah menambahkan filter menarik dan efek khusus ke konten kamu. TikTok juga memiliki perpustakaan musik yang luas untuk menambahkan latar musik ke video kamu, membantu kamu menonjol.

 

Algoritma TikTok menggunakan AI untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna tentang video mana yang harus mereka tonton berdasarkan riwayat tontonan mereka. Saat video baru diunggah, algoritma TikTok mempromosikannya kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan menikmati konten baru berdasarkan tontonan mereka sebelumnya. Sistem rekomendasi ini juga bekerja berdasarkan interaksi masa lalu orang-orang, seperti jumlah menit mereka menonton video dan keterlibatan total mereka – suka dan bagikan.

 

Sederhananya, jika video ditonton lebih sering, maka secara otomatis akan dipromosikan ke lebih banyak orang, menjadi viral. Algoritma memudahkan pengguna untuk menemukan konten baru, juga memudahkan untuk menciptakan sensasi viral.

 

Aplikasi TikTok berkembang pesat dan berikut adalah beberapa informasi yang mungkin meyakinkan kamu untuk mencoba TikTok sebagai alat pengembangan bisnis:

a. TikTok telah diunduh lebih dari 3 miliar kali .

b. Pada tahun 2021, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh, mengalahkan Facebook, Instagram, dan Snapchat.

c. Rata-rata pengguna membuka aplikasi lebih dari 19 kali sehari .

d. Demografi terbesar TikTok adalah usia 10-19 tahun , diikuti oleh usia 20-29 tahun.

 

Bagaimana Cara Pengembangan Bisnis di TikTok?

 

Setelah mengetahui potensi TikTok dalam meningkatkan bisnis kamu, maka pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara agar TikTok dapat berfungsi secara maksimal dalam membantu bisnis kita berkembang ke level yang lebih tinggi?

 

1. Mempelajari dan Memahami Platform TikTok

 

Jika kamu memutuskan menggunakan TikTok sebagai alat pengembangan bisnis, segera mulai dengan membuat akun dan menjelajahi semua tentang TikTok seperti fitur, kebijakan, cara kerja dan lain-lain.

 

-Buat akun TikTok

TikTok menawarkan dua jenis akun Pro: Akun Bisnis dan Akun Pembuat. Kami akan fokus pada yang pertama di sini.

 

-Tonton video yang kamu minati dan mempelajarinya

 

-Ikuti akun yang kamu suka

 

-Buatlah video kamu sendiri dengan mempertimbangkan tujuan video, musik yang viral, caption dan hastag yang tepat

 

-Bereksperimen dengan berbagai jenis konten: seperti berbagi kisah inspiratif, proses perjalanan bisnis kamu, menjelaskan keunikan nama bisnis kamu, tutorial merintis bisnis dan lain-lain.

 

2. Gunakan Hastag yang Tepat

 

Hastag atau tagar adalah salah satu cara untuk menemukan konten kamu. Maka kamu perlu melakukan riset tagar, tagar apa yang sedang tren, tagar yang di-klik oleh target audiens kamu atau tagar yang sesuai dengan topik yang kamu bahas.

 

Tagar yang populer seperti #fyp, #foryourpage, #foryou. Namun, kamu perlu mencantumkan tagar yang sesuai konten yang dibahas, jangan sampai audiens mengklik tagar namun tidak menemukan apa yang mereka cari.

 

4. Iklan di TikTok

 

Iklan TikTok sangat fantastis. Menurut Hootsuite, mereka menjangkau 17,9 persen dari semua pengguna internet di atas usia 18 tahun—dan kamu berpotensi menjangkau 884,9 juta orang.

 

Salah satu hal terbaik tentang menjalankan iklan di TikTok adalah mereka berbaur mulus dengan konten organik di platform. Ada beberapa bentuk iklan TikTok , antara lain:

 

a. Iklan dalam umpan : Iklan TikTok  yang muncul sebagai video di umpan pengguna. Mereka dapat bertahan hingga 60 detik dan dapat ditautkan ke halaman arahan.

b. Pengambilalihan merek : Iklan ini muncul saat pengguna membuka aplikasi. Itu bisa berupa foto tiga detik atau video 3,5 detik. Mereka lebih mahal daripada iklan dalam umpan tetapi berpotensi lebih kuat.

c. Iklan TopView : Ini adalah versi iklan pengambilalihan merek yang disempurnakan, berdurasi antara lima dan 60 detik.

d. Tantangan tagar bersponsor : Tantangan tagar sangat besar di TikTok, dan bentuk iklan ini memungkinkan merek mensponsori tantangan tagar, lengkap dengan spanduk khusus yang ditampilkan di halaman Temukan .

 

 

4. Bermitra Dengan Kreator

 

Peran konten kreator sangat penting di TikTok. Minat untuk membuat kampanye iklan influencer juga meningkat, dengan peningkatan 325 persen pada tahun 2021 . 68 persen pemasar sekarang mengatakan mereka ingin memanfaatkan platform TikTok. Sebagai tanggapan, TikTok merilis Creator Marketplace (TCM) pada tahun 2019 untuk memudahkan merek dan pembuat konten berkolaborasi.

 

5. Buat Toko TikTok

 

Social media marketing adalah pasar yang besar dan berkembang. Ada sekitar 79 juta pembeli sosial di AS pada tahun 2020. Pada tahun 2025, diperkirakan angka tersebut akan tumbuh sebesar 37 persen menjadi 108 juta konsumen sosial.

 

Semakin banyak bisnis yang ikut serta dalam kereta musik perdagangan sosial. Survei tahun 2021 menemukan delapan dari sepuluh bisnis berencana menjual di platform media sosial dalam tiga tahun ke depan.

 

Adapun cara utama untuk mempromosikan produk di TikTok: yaitu membuat konten video/foto, melakukan Live, berkolaborasi dengan kreator- dengan program afiliasi TikTok atau secara langsung ke influencer, dan dapat melalui kampanye dan promosi bulanan TikTok.

 

 

Referensi

 

Neilpatel. TikTok For Business: 6 Ways You Can Use it to Boost Your Brand.

 

Hostpapa. How to Use TikTok to Boost Your Small Business. 

Artikel Terbaru