Internet marketing adalah upaya pemasaran melalui berbagai platform online seperti email, mesin pencari, sosial media dan sebagainya. Seperti marketing pada umumnya, internet maketing bertujuan untuk memikat calon pelanggan dan mempertahankan atau memelihara hubungan dengan pelanggan lama. Karena sarana yang digunakan adalah internet maka, pemasarannya memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dengan kemungkinan yang tak terbatas. Jadi bagaiamana kita memulai melakukan internet marketing? Berikut ini 8 strategi dalam internet marketing yang dapat kamu lakukan!
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan salah satu strategi paling efektif untuk meningkatkan jumlah traffic yang relevan dalam website. SEO merupakan teknik yang digunakan agar website kita menempati peringkat teratas dari hasil pencarian Google. Beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk mengoptimasi SEO:
-Keamanan Website atau SSL/TLS yang merupakan protokol keamanan untuk melindungi seluruh aliran data pada website.
-Website yang User Friendly dengan mempetimbangkan struktur, layout, navigasi, responsif dan lain-lain.
-Penggunaan kata kunci (keyword), kamu bisa menggunakan tools riset keyword. Banyak yang mengunakan kata kunci dengan volume pengunjung yang besar, namun keyword ini juga memiliki peraingan yang ketat. Kamu dapat mencoba menggunakan kata kunci yang lebih spesifik atau long tail keyword dengan persaingan yang lebih rendah.
-Kecepatan loading website dan mobile responsive
2. Content Marketing
Content marketing adalah salah satu strategi internet marketing dengan menyebarkan konten yang relevan dan konsisten dengan audiens. Bagaimana cara melakukan conten marketing, nah secara sederhana kamu dapat menawab 5 pertanyaan berikut.
1) Untuk siapa kamu membuat konten?
2) Kenapa kamu membuat konten?
3) Jenis konten apa yang akan Anda buat?
4) Dimana Anda akan mempublikasikan konten?
5) Bagaimana Anda akan membuat konten?
3. PPC marketing
PPC (Pay Per Click) merupakan salah satu strategi digital marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram. PPC marketing dapat dilakukan melalui Google Ads, Facebook ads atau Instagram ads. Dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan kamu di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Facebook ads dan Instagram ads juga wajib dipertimbangkan mengingat kedua media sosial ini memiliki sangat banyak pengguna. Membuat Facebook ads hampir sama dengan Instagram ads dengan membuat halaman Facebook terlebih dahulu.
4. Email Marketing
Email marketing adalah upaya memasarkan melalui email. Manfaat email marketing diantaranya dapat melakukan pemasaran yang dipersonalisasi seperti mencantumkan nama penerima email kamu, memiliki budget yang lebih hemat, meningkatkan traffic, membangun hubungan denga pelanggan atau calon pelanggan. Adapun jenis email marketing seperti email selamat datang, email survei, email promosi, email undangan, email berita atau informasi tertentu dan lain-lain. Dalam melakukan email marketing kamu harus membangun list building email, tulislah email yang singkat, menarik dan eye catching kepada list auidensmu.
5. Affiliate Marketing
Affiliate marketing merupakan suatu startegi pemasaran dimana seseorang yang bertugas sebagai afiliator akan mendapatkan sejumlah komisi setelah berhasil menjual suatu produk si pemilik produk (merchant). Beberapa platform mendukung adanya affiliate marketing seperti Shopee affiliate, TikTok affiliate, Tokopedia dan lain-lain. Affiliator biasanya akan membuat konten di sosial media dan mencantumkan tautan produk, ketika ada pelanggan yang membelinya maka ia akan mendapatkan komisi tertentu.
6. Influencer Marketing
Influencer marketing adalah suatu strategi pemasaran dimana bekerja sama dengan seseorang yang memiliki pengaruh (biasanya yang memiliki banyak followers di sosial media) untuk mempromosikan produk kita. Influencer tersebut akan membuat konten di sosial medianya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk kita.
7. Video Marketing
Salah satu strategi marketing yang efektif adalah video marketing karena lebih interaktif dibandingkan gambar ataupun teks. Populernya media sosial seperti Tiktok, Youtube, Instagram Reels menyebabkan meningkatnya tren video marketing. Melalui video kamu dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan komprehensif untuk mengiklankan produk kamu.
8. Sosial Media Marketing
Social media marketing adalah pasar yang besar dan berkembang. Banyak kelebihan dan manfaat beriklan di sosial media diantaranya yaitu iklan yang dilakukan hemat biaya, lebih terukur, lebih tertarget, interaktif dan memudahkan komunikasi serta manfaat lainnya yang dapat mendongkrak angka penjualan. Pastinya setiap bisnis akan memiliki akun sosial media mereka sendiri. Melalui konten yang dibagikan di sosial media dapat meningkatkan traffic, brand awareness, penjualan dengan biaya yang murah.
Referensi
Niaga Hoster. (30 April 2020). 10+ Strategi Internet Marketing Panduan Lengkap untuk Pemula
Si Quan Ong. (17 Mei 2022). 11 Internet Marketing Strategies That Work.