PT MULTIMEDIA BOOSTER STUDIO

Tentang Kami

Donwload

Ikuti Kami di

Daftar

Login

Logo

Packaging

T-Shirt

Flayer

Kerakter

Banner

Browsur

Video

Website

Previous
Next

Mengenal Search Engine Optimazitation: Panduan SEO bagi Pemula

Digital marketing sebagai upaya pemasaran yang sangat efektif saat ini. Salah satu bagian dari digital marketing adalah SEO.  SEO adalah kemampuan yang patut kamu pelajari.

SEO memiliki banyak manfaat diantaranya memudahkan pelanggan menemukan website kamu, menjaring pelanggan sesuai target, meningkatkan brand awareness, meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga dapat meningkatkan angka transaksi

 

Pengertian SEO

Search Engine Optimazitation SEO merupakan upaya optimasi agar konten dan situs web kita dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari. SEO secara sederhana adalah upaya agar situs web kita akan muncul paling atas di hasil pencarian mesin pencari (Seperti Google, Bing, dan lain-lain) ketika kita memasukkan suatu kata kunci.

Jenis SEO

SEO terbagi menjadi tiga  jenis: on page, off page, dan technical. Berikut penjelasan ketiga jenis-jenis SEO:

 

1. SEO On Page

SEO on page  mengacu pada proses mengoptimalkan konten yang terdapat di situs web perusahaan.. Aspek-aspek yang dimaksimalkan yaitu: Permalink; Judul konten; Struktur konten; Gambar konten; Sebaran keyword; Kualitas konten; internal link; Elemen SEO (meta description, tag, dll);

Dengan SEO on page, konten kamu akan lebih mudah mejeng di Google. semakin relevan isi konten dengan keyword yang kamu bidik, kebutuhan audiens pun makin terjawab dan Google akan menaikkan peringkat situs web kamu.

 

2. SEO Off Page

SEO Off Page membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten bagi orang lain. SEO off page merupakan upaya untuk mengoptimasi SEO di luar website. Berikut aspek-aspek SEO off page yang bisa kamu tingkatkan: Link building (aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain alias backlink); Peningkatan DA (Domain Authority: skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google); Peningkatan PA (Page Authority: skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google); Promosi konten lewat sosial media dan saluran marketing lainnya; Guest blog (kegiatan untuk memasang artikel berkualitas Anda di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs Anda).

 

3. Technical SEO

Technical SEO berperan mengoptimasi struktur website sehingga performanya maksimal dan diterima Google. Technical SEO adalah usaha mengoptimasi search engine optimization di bagian dalam website. Secara garis besar, ini aspek yang masuk wilayah SEO technical: Kecepatan website; Struktur website; XML Sitemap; Keamanan situs (SSL); Tema SEO friendly; Layout website; Navigasi.

 

Tips Menjalankan SEO

Berikut ini hal-hal yang diperhatikan agar konten dan situs web kamu dapat optimal:

1. Keyword penting, namun konteks lebih penting. Google menganalisis konteks dan mencari keyword berkaitan yang dicari oleh pengguna

2. Melakukan riset keyword. Banyak yang mengunakan kata kunci dengan volume pengunjung yang besar, namun keyword ini juga memiliki persaingan yang ketat. Kamu dapat mencoba menggunakan kata kunci yang lebih spesifik atau long tail keyword dengan persaingan yang lebih rendah.

3. Gunakan judul yang jelas, kata kunci, tag, atribut dan URL yang sesuai. Hal ini memberi tahu Google bahwa situs web kamu relevan dan membantunya mendapat peringkat.

4. Panjangnya konten penting, namun relevansi lebih penting, Google berkata, Panjangnya konten yang tepat bergantung pada topik dan tujuan situs web.

5. Membuat konten kamu konsisten di seluruh desktop dan perangkat seluler serta memastikan situs kamu dimuat dengan cepat di seluler dan desktop.

6. User Experience (UX) sangat penting sehingga kamu harus membuat website dengan komponenya yang user friendly.

7. Link building sangat penting. Semakin banyak link website kamu dibagikan atau dicantumkan di website lain, maka Google akan menganggap website kamu relevan.

 

Sebagaimana algoritma Google dan platform lainnya terus berubah, maka SEO juga akan selalu berkembang. Strategi SEO sebelumnya belum tentu berhasil saat ini, sehingga penting untuk selalu menguji strategi yang kamu gunakan. Terdapat aturan dan best parctice dalam SEO, tetapi inti SEO adalah mencari tahu apa yang berhasil untuk situs atau klien kamu, jika kemudian strategi yang kamu terapkan tidak berfungsi, maka kamu perlu mengubahnya.

Artikel Terbaru